Orang Jepang Makan Semangka Pakai Garam - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Orang Jepang Makan Semangka Pakai Garam

Setiap tempat memiliki kebiasaan masing-masing. Contohnya untuk Indonesia. Orang Indonesia paling senang makan dengan menggunakan tangan langsung. Rasanya lebih nikmat dibanding dengan sendok atau garpu.

Begitu juga dengan Jepang. Dilansir dari cerpen.co.id (07/01/19), ternyata ada yang unik dari kebiasaan orang Jepang makan semangka. Jika di kita semangka langsung aja dimakan, tapi kalau orang Jepang makan semangka dengan garam.

Biasanya semangka ini disajikan sebagai hidangan pembuka atau penutup di restoran-restoran di Jepang. Dan umumnya pelayan akan bertanya, apakah semangkanya perlu dibubuhi garam atau tidak.

Alasan semangka ditambahi garam ternyata untuk meningkatkan cita rasa manis dari semangka itu sendiri. Lidah akan mengecap rasa asin terlebih dahulu dari garam. Setelah itu baru rasa manis dari semangka. Dengan demikian, rasa semangka jadi terasa lebih manis dan nikmat.

Hal ini dilakukan disebabkan semangka di Jepang tidaklah murah. Satu buah semangka bisa mencapai harga ratusan ribu. Karena itu orang Jepang sangat menghargai semangka dan memilih cara konsumsi untuk bisa menghadirkan rasa terbaik dari semangka itu sendiri.