Tips ini Biar Ga Mandul - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips ini Biar Ga Mandul

Ada pasangan yang tidak kesulitan memiliki keturunan. Baru nikah udah ‘jadi’ aja. Tapi ada pula pasangan yang sudah menikah hingga belasan tahun namun belum dikarunia anak juga.

Nah bisa jadi ada masalah pada sperma. Dilansir dari hellosehat.com (05/09/18), menurut dr. Ivander Utama, F.MAS, Sp.OG, kuantitas atau kualitas sperma bisa mempengaruhi kesuburan seorang pria. Selain faktor usia, pola hidup sehat juga berpengaruh terhadap kesuburan sperma.

Berikut ini saran jika ingin membuat sperma kamu subur.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Menurut dr. Ivander masih banyak yang salah kaprah bahwa makanan tertentu bisa meningkatkan kesuburan sperma. Padahal tidak selalu demikian. Yang penting justru menjaga pola makan dengan gizi seimbang.

Pola makan gizi seimbang akan membuat badan lebih sehat serta gairah seksual meningkat. Kedua hal ini nantinya bisa meningkatkan kesuburan pria sehingga program hamil pun bisa lebih mungkin untuk sukses.

2. Hindari merokok


Nah ini pasti mengundang banyak protes. Para perokok pasti berkilah saya merokok tapi sudah punya anak banyak.


Menurut dr. Ivander, rokok memang bukan satu-satunya faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan pria. Tapi kebiasaan merokok ini bisa merusak kualitas dan kuantitas sperma.

Untuk itu pasangan yang selama ini kesulitan memiliki keturunan dan hendak memiliki anak, sebaiknya hindari rokok. Supaya jumlah sperma bisa banyak dan kualitasnya pun baik sehingga memperbesar kemungkinan pembuahan terjadi.

3. Kurangi penggunaan botol plastik


konsumsi minuman kemasan plastik. Karena botol plastik yang mengandung BPA (Bisphenol A) bisa berbahaya dan mengurangi jumlah sperma.

Untuk mengatasinya, coba bawa minum sendiri dari botol yang sudah terjamin bebas BPA (BPA free).

4. Hindari menggunakan celana dalam ketat


Sebaiknya hindari menggunakan celana dalam ketat karena bisa menekan serta meningkatkan suhu area skrotum atau buah zakar yang merupakan gudangnya sperma. Dan ini bisa menurunkan kualitas sperma.

Nah semoga saran diatas bermanfaat untuk membantu program punya anak yang kamu jalani bisa lebih sukses.
close