Kajian Orang Lawut Part 5 - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kajian Orang Lawut Part 5

SUNGKAI BUNGA MAYANG
======================


Sungkai bunga mayang adalah salah satu wilayah di propinsi lampung, yg orang orang nya lebih di kenal dg sebutan lampung sungkai, nama sungkai mengambil salah satu nama kayu yakni kayu sungkai sebagai perlambang untuk peng abadian dari nama sungkai itu sendiri, manakala nama bunga mayang mengambil dari nama bunga kelapa yg zaman dulu kelapa disebut dg kara, dan dari sini juga tercipta istilah sebatang kara oleh para ahli bahasa, penamaan mayang itu sendiri juga tdk lepas dari apa yg sebut dg orang lawut ( pumatang sawa) , selain identik dg sebutan orang lawut nama mayang adalah nama burung sejenis HELANG/ elang

dari banyaknya keterkaitan dari nama nama diatas menyiratkan bahwa orang orang sungkai bunga mayang ini moyang mereka pernah mempunyai kejayaan yg sangat besar di masa lampau, terlebih lagi di bidang kelawutan, lalu siapakah sebenarnya sungkai bunga mayang ini?

adakah makna lain di sebalik nama sungkai bunga mayang ? untuk mengetahui apa makna sebenar sungkai bunga mayang dlm versi orang lawut seperti yg tertera di bawah ini

sung = orang ma = lidah

kai = orang yang = orang

bu = lawut

nga = orang

setelah kita jabarkan semua dapatlah kita lihat, ada empat yg menyatakan orang, yg menyiratkan satu kumpulan yg besar, yang jika kita simpulkan maka akan menjadi lidah orang orang lawut adakah SUNGKAI BUNGA MAYANG ini ada erat kaitannya dengan orang orang yg ada BIMA di nusa tenggara sana ? yg mana nama BIMA itu sendiri jika maknai hampir mempunyai makna yg sama yakni LIDAH LAWUT ( BIMA)

lalu apa keterkaitan orang orang sungkai bunga mayang ini dg orang orang madangkara yg mempunyai pasukan khasnya bernama mayang kara ? bagaimana pula keterkaitan sungkai bunga mayang ini dg orang orang sabah? mengingat gambar yg saya lampirkan ini berasal dari orang sabah ?

Sofyan Bani Uba

kajian semasa orang lawut

=====================gambar : bunga mayang kara