5 Sayuran yang Bisa Kamu Tumbuhkan Kembali di Rumah Hanya dengan Air - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Sayuran yang Bisa Kamu Tumbuhkan Kembali di Rumah Hanya dengan Air

Penggemar sayuran gak perlu pusing saat harus di rumah aja seperti sekarang karena ada beberapa bahan makanan yang bisa ditumbuhkan kembali. Hanya dengan memberi media tanam air saja, mereka bisa tumbuh, lho. Lumayan kan jadi bisa berhemat!

Nah, berikut ini ada lima jenis sayuran yang bisa reborn dengan 'minum' air saja. Tertarik mencobanya?

1. Daun bawang


Jika kamu memasak menggunakan daun bawang, coba sisakan satu rumpun dan masukkan ke dalam gelas berisi air. Dia akan tumbuh dan muncul tunas baru yang nantinya bisa kamu panen.

Untuk menanam kembali daun bawang di dalam air, yang perlu kamu perhatikan adalah hindari sinar matahari langsung, suhu terlalu panas, atau dingin. Karena daun bawang memiliki 'daun' yang tipis sehingga dikhawatirkan mudah 'gosong' di bawah sinar matahari dan cepat kering di suhu dingin.

2. Wortel


Potong ujung wortel tempat tumbuhnya daun dan letakkan ke dalam air. Ingat, gak perlu direndam hingga tenggelam ya karena nanti malah bikin batang wortel busuk. Tambahkan sedikit air pada batang wortel, nanti kamu bisa menumbuhkannya kembali. Lama kelamaan, daun wortel akan tumbuh.

Namun, yang bisa kamu pakai daunnya aja ya. Jangan berharap tumbuh kembali wortelnya.

3. Sawi putih


Potong agak tinggi sawi putih dari pangkalnya dan simpan dalam gelas berisi air. Seiring berjalannya waktu, akan tumbuh daun sawi baru dari sana. Meskipun gak banyak, tapi pasti menyenangkan melihat batang yang biasanya dibuang bisa tumbuh kembali.

Jika kamu menginginkan panen dalam jumlah banyak, cara ini gak disarankan, ya. Lebih baik menanam sawi secara konvensional.

4. Bawang prei


Sama dengan daun bawang, cara menumbuhkan kembali daun bawang adalah dengan memasukkan bagian bawah batang ke dalam air. Biasanya kalau beli di pasar, masih ada bagian akar tersisa bukan? Nah, rendam bagian tersebut ke dalam air. Gak perlu waktu lama, kamu bisa menikmati daun bawangmu. Jika butuh untuk menyedapkan masakan, sedikit saja udah cukup.

5. Daun mint


Daun mint biasanya dibeli satu ikat di supermarket. Seringnya, satu ikat terlalu banyak untuk dihabiskan dalam satu waktu.

Rendam bagian bawah batang daun mint ke dalam gelas berisi air untuk menumbuhkannya kembali atau paling tidak agar lebih awet. Sebelum memasukkan ke dalam gelas, pastikan tidak ada bagian daun yang terendam. Pastikan kamu membuangnya beserta dengan daun kering lainnya.

Mumpung di rumah aja, bisa nih memanfaatkan sisa sayuran untuk ditumbuhkan kembali. Kalau kamu gagal menumbuhkannya, jangan khawatir. Kamu masih bisa membuatnya menjadi kompos, lho.